Tips Dalam Memilih, Memasak, Menyimpan Kurma

Tips Dalam Memilih, Memasak, Menyimpan Kurma

Vemale.com – Pada bulan suci Ramadan seperti saat ini, kurma menjadi salah satu bahan makanan yang paling populer. Tak mengherankan, Rasulullah SAW telah mencontohkan untuk berbuka puasa dengan kurma, karena itulah umat muslim mengikuti sunnah yang telah dilakukannya.

Kurma merupakan buah yang kaya akan zat gizi. Kurma mengandung vitamin C, serat, kalium, dan juga aneka anti-oksidan. Kurma juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, magnesium, zinc, zat besi, dan selenium. Buah ini tidak memiliki kandungan lemak dan kolesterol.

  • Tips memilih

    Pilihlah kurma yang mengkilat, memiliki warna yang merata, dan tidak pecah. Umumnya kurma yang baik memiliki aroma yang khas. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

  • Cara menyimpan

    Ada beberapa jenis kurma yang dijual di pasaran. Ada yang kering, semi kering, dan juga basah. Cara penyimpanannya hampir sama dan sangat mudah, untuk kurma semi kering dan kering, Anda dapat menyimpan kurma di suhu ruang, lemari es, maupun freezer. Kurma kering dan semi kering dapat bertahan hingga setahun di lemari pendingin. Tetapi untuk kurma basah sebaiknya Anda menyimpan kurma dalam wadah tertutup di freezer.

  • Cara memasak

    Jika Anda ingin mengolah kurma untuk dimasak, belah, lalu keluarkan bijinya. Rendam dengan air panas sejenak sebelum mengirisnya agar lebih mudah saat diolah.