Tips Menyimpan Kurma Segar

Tips Menyimpan Kurma Segar

Untuk mendapatkan kurma segar yang berkualitas baiknya anda melihat tekstur daging luar yang terlihat lembut dan ‘kinclong’. Kurma segar ada yang memiliki tekstur berkerut dengan daging yang tebal.

Dream – Selain bisa dimakan langsung, buah kurma kerap digunakan sebagai pelengkap menu makanan seperti kue dan salad. Di Tanah Air, buah yang umumnya berwarna cokelat dan hitam ini kerap dipasarkan dalam kondisi sudah dikeringkan.

Menariknya selain bisa dikonsumsi dalam kondisi sudah dikeringkan, kurma juga bisa dimakan saat masih segar. Di Timur Tengah, Amerika dan beberapa negara lain, petani kurma kerap memasarkan hasil panen saat masih segar karena memiliki rasa dan sensasi yang berbeda dengan buah yang sudah dikeringkan.

Untuk mendapatkan kurma segar yang berkualitas baiknya anda melihat tekstur daging luar yang terlihat lembut dan ‘kinclong’. Kurma segar ada juga yang memiliki tekstur berkerut namun dengan daging yang tebal dan rasa yang tidak kalah nikmat dengan versi yang sudah dikeringkan. Demikian dilansir¬†Localfoods, Senin 16 Juni 2014.

Hindari kurma yang telah mengeluarkan kristal gula pada bagian kulit luar karena rasanya sudah tidak sekenyal yang masih lembut. Agar tidak mengeluarkan kristal gula, ada baiknya kurma segar langsung dimakan atau disimpan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu.

Jika tidak ingin dikeringkan, baiknya kurma segar disimpan dalam wadah tertutup sehingga tidak terkontaminasi udara atau cairan. Selain dimakan langsung, kurma segar juga bisa menjadi teman saat minum teh atau kopi.

Olahan lainnya juga dapat dicampurkan sebagai pemanis salad, es krim atau jus. Kurma juga bisa digunakan sebagai salah satu menu diet karena memiliki kadar gula yang lebih baik dibandingkan gula yang berasal dari tebu. (Ism)

Sumber Dream.co.id